Kompetensi merupakan kunci dalam menjalani profesi sebagai seorang trainer. Seorang trainer yang kompeten dan profesional artinya benar-benar mampu dan selalu menjalankan tugasnya dengan penuh totalitas dan dedikasi tinggi, bukan sekedar menyampaikan materi training ala kadarnya tanpa persiapan yang matang.

Kompetensi kerja yang harus dikuasai oleh seorang trainer berdasar pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) di antaranya adalah mampu menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam training, mampu melakukan presentasi, komunikasi dan face-to-face training, mengelola bahan dan peralatan training, merencanakan penyajian materi training, dan masih banyak unit kompetensi lainnya. Menguasai unit-unit kompetensi tersebut tentunya bukan hal yang mudah tanpa disertai pengetahuan, upaya berlatih yang konsisten dan terus belajar tanpa henti.

Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menuntut seorang trainer untuk mampu merancang format training online dengan menggunakan berbagai tools dan platform, membangun keterikatan konsumen melalui media sosial, website dan podcast, memandu training online dengan menggunakan platform video conference, live streaming dan sebagainya. Trainer yang gaptek alias gagap teknologi akan semakin tertinggal.

Buku ini membahas berbagai hal yang harus dikuasai oleh seorang trainer, mulai dari mempersiapkan dan menyajikan training yang mengesankan berdasar SKKNI hingga strategi sukses membangun personal branding agar menjadi trainer yang benar-benar kompeten dan profesional di era OMNI yang semakin menuntut kepiawaian dalam mengelola bisnis training.

Untuk memudahkan Anda dalam membaca, tulisan dalam buku ini dibagi ke dalam 3 bahasan utama, yaitu:

  1. Preparing Excellent Training

Bagian ini membahas persiapan yang harus dilakukan seorang trainer untuk dapat menyajikan sebuah training yang mengesankan. Jangan mengharapkan training yang sukses dan memberikan hasil yang diharapkan tanpa disertai persiapan yang matang. Oleh karena itu, tidak heran jika bahasan mengenai persiapan training ini mengambil bagian terbesar dalam buku ini.

  1. Excellent Public Speaking

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan public speaking merupakan salah satu modal dasar yang harus dikuasai dengan sangat baik oleh seorang trainer. Manajemen linguistik, mengelola bahasa tubuh dan memandu training mulai awal hingga akhir adalah topik-topik yang dibahas dalam bagian ini.

  1. Building Personal Branding

Tanpa memiliki sense of business dan entrepreneurship, karir seorang trainer tidak akan berkembang dengan pesat. Untuk itu, seorang trainer yang profesional dituntut untuk mampu memasarkan diri sendiri melalui berbagai strategi personal branding.

Order di sini..!!

Salam KOMPETEN!

Professional Omni Trainer – POT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
https://coachfianda.com/2021/04/12/professional-omni-trainer-pot
Instagram