Ilmu pemasaran berkembang sangat pesat dengan munculnya banyak model-model bisnis dan strategi pemasaran baru, seperti digital start-up business dan strategi pemasaran digital. Model bisnis baru dan strategi pemasaran baru ini mendisrupsi model bisnis dan strategi pemasaran konvensional yang selama ini dijalankan oleh hampir semua pebisnis dan pelaku UMKM. Siapa yang memiliki kemampuan berinovasi dan mengikuti perkembangan yang terjadi, maka bisnisnya akan semakin berkembang. Sebaliknya, yang tidak mampu mengikuti perubahan yang serba cepat ini akan semakin tertinggal atau bahkan tenggelam.

Salah satu pendekatan pemasaran yang bisa digunakan dalam memahami dan mengikuti perkembangan bisnis terkini adalah model pemasaran yang dikembangkan oleh Hermawan Kartajaya dengan 9 Elemen Inti Pemasaran. Melalui penggambaran diagram yang simpel khas Hermawan Kartajaya yang telah membesarkan MarkPlus, Inc selama lebih dari 30 tahun hingga menjadi perusahaan pemasaran kelas dunia, konsep 9 Elemen Inti Pemasaran ini semakin mudah dipahami.

Dalam konsep 9 Elemen Inti Pemasaran, pengembangan konsep pemasaran suatu bisnis dapat dibagi ke dalam 3 kategori utama, yaitu Strategi Pemasaran, Taktik Pemasaran dan Value Bisnis, di mana masing-masing kategori memiliki masing-masing tahapan yang bisa dijabarkan secara lebih mendetil, yaitu:

  1. Strategi Pemasaran:
    1. Segmentasi : proses membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik serupa dari perilaku pelanggan, dan kemudian menentukan segmen-segmen mana yang mau dilayani.
    2. Targeting : proses evaluasi setiap ketertarikan dari masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dipenetrasi
    3. Positioning : proses mendesain penawaran sehingga dapat mengakomodasi posisi kompetitif yang berbeda dan bermakna di benak pelanggan
  2. Taktik Pemasaran
    1. Diferensiasi : proses penciptaan faktor pembeda suatu produk agar lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu
    2. Marketing Mix : strategi pemasaran yang menggabungkan elemen produk (product), lokasi (place), promosi (promotion) dan harga (price) secara terpadu
    3. Penjualan : suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991)
  3. Value Bisnis
    1. Merek : sekumpulan aset yang menciptakan value bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas
    2. Layanan : usaha perusahaan untuk menyampaikan value bisnis kepada pelanggan
    3. Proses : upaya pengintegrasian kualitas, biaya dan pengantaran suatu produk dari perusahaan kepada pelanggannya

Urutan yang ada dalam diagram di atas menunjukkan urutan ideal dalam pengembangan perencanaan suatu bisnis, tapi bukan merupakan urutan proses yang mutlak harus diikuti. Artinya, dalam penerapan di lapangan tetap melihat kondisi yang ada.

9 Elemen Inti Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram