Pertama kali saya bersinggungan dengan slogan “UMKM Naik Kelas” adalah pada bulan Januari 2017. Saat itu, saya mengikuti workshop untuk calon trainer yang diadakan oleh SME Institute, marketplace training bisnis untuk UMKM yang diinisiasi oleh PEAC Bromo, perusahaan yang bergerak di bidang Social Investment, Community Development, dan Business Development. PEAC Bromo sendiri memulai aktivitas pendampingan sejak tahun 2004, sebagai upaya untuk membantu Usaha Kecil menengah (UKM) dalam memperbaiki performa bisnisnya melalui peningkatan akses ke sumberdaya produktif, inovasi, akses pembiayaan, dan pemasaran. Sebelumnya saya sempat bertemu Cak Samsul Hadi, direktur PEAC Bromo, dan beberapa personil PEAC Bromo lainnya di beberapa kegiatan pameran yang difasilitasi Bank Indonesia.

 

Pada bulan November 2017 saya kembali bersinggungan dengan PEAC Bromo dan UMKM Naik Kelas di event Aksi Kemitraan UMKM Naik Kelas yang digelar di Yogyakarta dan bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Kehadiran di event inilah yang membuat saya menjalin kerjasama secara intensif dengan PNM Cabang Kediri, Blitar dan Tulungagung dalam program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sepanjang tahun 2018.

Melihat perkembangan platform Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) dari hari ke hari menunjukkan trend yang semakin positif. Dengan pengalaman makan asam garam selama berpuluh tahun di dunia pendampingan UMKM, tentu saja kinerja PEAC Bromo dalam membidani lahirnya LUNAS sekaligus mengawal perkembangannya tidak bisa diremehkan. Boleh dibilang LUNAS adalah platform perdana di Indonesia yang mempertemukan antara para pelaku UMKM dengan para pendamping UMKM.

Dengan bergabung di platform LUNAS, para pelaku UMKM tentu saja sangat diuntungkan karena bisa memperoleh pendampingan secara intensif dari event-event yang diadakan oleh pengelola LUNAS. Selain itu, tersedia ratusan pendamping UMKM yang bersedia memberikan konsultasi dalam segala bidang usaha, mulai kelembagaan, produksi, pemasaran, permodalan, dan sebagainya. Bahkan, para pelaku UMKM bisa memilih pendamping di bidang tertentu atau di lokasi tertentu yang sesuai dengan tempat tinggal si pelaku UMKM.

Bagi para pendamping UMKM, platform LUNAS bisa dimanfaatkan sebagai sarana menjalin jejaring pendampingan yang lebih luas, selain sebagai sarana peningkatan kapasitas pendampingan melalui berbagai event yang memang diperuntukkan bagi pendamping UMKM. Melalui platform LUNAS, pendamping UMKM bisa membuat event training sendiri atau pun mengekspresikan pengalaman pendampingannya melalui fitur blog yang tersedia. Apalagi dengan dibukanya fitur Akun Pro yang memberikan layanan ekstra dengan biaya yang sangat terjangkau.

Saat ini LUNAS bukan hanya sebagai layanan pendampingan lokal, melainkan sudah merambah ke tingkat regional ASEAN melalui kerjasama AMEN (ASEAN Mentorship for Entrepreneurship Network) dan berbagai kerjasama tingkat internasional lainnya. Dengan layanan yang semakin lengkap dan jalinan kerjasama yang semakin luas, LUNAS menjadi satu platform yang patut diperhitungkan dalam dunia pendampingan UMKM Indonesia.

Tentang Layanan UMKM Naik Kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram