Kenampakan usaha di dunia online merupakan satu keharusan bagi para pelaku UMKM yang ingin usahanya lebih cepat dikenal dan ditemukan oleh para pelanggannya. Dan saat ini Google telah menyediakan satu alat yang cukup dahsyat dan mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan UMKM di dunia online, yaitu Google Bisnisku atau Google My Business.

Menyadari pentingnya penggunaan Google My Business bagi para pelaku UMKM, Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Digma Solusi Mandiri menggelar Pelatihan Singkat Vokasional Dalam Rangka Pengembangan Usaha KUMKM. Pelatihan ini dilaksanakan di 2 kota, yaitu Jember (18/10) dan Bojonegoro (22/10), dengan jumlah peserta 50 pelaku UMKM di masing-masing kota. Tujuan diadakannya pelatihan ini tentunya agar para peserta mampu meningkatkan kapasitas usahanya secara lebih luas.

 

Beberapa keuntungan yang didapat pelaku UMKM dengan menggunakan Google My Business adalah:

  1. Mudah ditemukan melalui pencarian Google

Strategi search engine optimation (SEO) yang terbilang rumit untuk diaplikasikan pada para pelaku UMKM menjadi lebih sederhana dengan penggunaan Google My Business. Dengan melakukan langkah-langkah yang disediakan oleh Google, maka usaha para pelaku UMKM lebih mudah ditemukan melalui pencarian Google (Google Search).

  1. Terintegrasi dengan Google Maps

Dengan memiliki akun Google My Business, maka secara otomatis lokasi usaha para pelaku UMKM akan terindeks di Google Maps. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menemukan lokasi usaha tanpa harus menjelaskan secara panjang lebar.

  1. Mendapatkan website gratis

Salah satu keunggulan Google My Business adalah memberikan fasilitas website gratis bagi para penggunanya. Data-data yang ditampilkan di website ini diambil secara otomatis dari data-data yang dimasukkan saat registrasi akun, seperti jam buka, tombol “Hubungi Kami” yang langsung mengarah ke nomer telepon yang dicantumkan, dan lokasi usaha. Sehingga website pemberian Google My Business ini benar-benar merupakan representasi usaha pemilik akun.

  1. Mudah mendapatkan ulasan pelanggan

Ulasan merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan trust atau kepercayaan calon pelanggan dan mendorong terjadinya closing penjualan. Sehingga peran ulasan ini tidak bisa diremehkan karena menjadi semacam testimoni dan cerminan kepuasan pelanggan terhadap produk kita. Semakin banyak kita memperoleh ulasan yang bagus, akan semakin meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk menggunakan produk kita.

  1. Mudah berinteraksi dengan pelanggan melalui chat

Google My Business juga menyediakan fitur chat langsung dengan pelanggan sehingga para penggunanya bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

  1. Bisa mencantumkan tombol call to action di postingan

Fungsi tombol call to action adalah untuk memfasilitasi pelanggan dalam mengambil tindakan terkait postingan yang kita buat. Beberapa tombol call to action yang tersedia, di antaranya Reservasi, Pesan Online, Beli, dan Daftar. Di tombol-tombol tersebut kita bisa menyisipkan nomer kontak, tautan ke website atau akun marketplace kita dan sebagainya sehingga mengarahkan pelanggan untuk langsung mengambil tindakan.

  1. Mudah digunakan oleh siapa saja

Fitur-fitur yang terdapat dalam Google My Business ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk oleh para pelaku UMKM. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mampu mengoperasikan Google My Business.

Pelatihan diberikan dengan cara langsung mempraktekkan teori yang diberikan oleh narasumber. Para peserta dipandu untuk membuat akun Google My Business lengkap dengan cara membuat postingan dengan dipandu oleh para asisten yang sigap membantu peserta.

Target yang diharapkan dicapai pada akhir pelatihan adalah:

  1. Peserta memiliki akun Google My Business
  2. Peserta bisa melengkapi data yang diperlukan
  3. Peserta bisa membuat postingan dengan tombol call to action
  4. Peserta bisa memanfaatkan website gratis yang disediakan Google My Business
Google My Business Untuk UMKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram