Dalam konsep komunikasi pemasaran konvensional yang masih relevan digunakan hingga saat ini, strategi untuk menarik perhatian konsumen biasa disingkat dengan istilah AIDA, yang merupakan akronim dari Attract, Interest, Desire, Act.

Penjabaran dari AIDA adalah:

Attract

Tahap ini merupakan awal perkenalan konsumen dengan produk kita atau pertama kalinya konsumen melihat produk kita. Sehingga di tahap ini produk harus bisa menarik perhatian konmsumen. Kemasan yang eyecatching dengan warna-warna yang menarik perhatian, pemilihan merek yang tidak lumrah, materi promosi yang unik, konten video iklan yang heboh, bisa digunakan untuk mengambil pandangan konsumen ke produk kita.

Interest

Setelah konsumen melirik produk kita, tahap berikutnya adalah membangkitkan minat konsumen terhadap produk kita. Di tahap ini konsumen mulai mempelajari manfaat yang akan dia dapat dengan menggunakan produk kita, sehingga kita harus bisa memberikan penjelasan yang rinci dan bisa menimbulkan minat konsumen untuk menggunakan produk kita. Cantumkan poin-poin penting benefit yang akan diperoleh konsumen di materi iklan kita.

Desire

Tahap berikutnya adalah memunculkan hasrat untuk membeli. Dalam konsep beriklan yang ideal, hasrat untuk membeli ini bahkan bisa timbul hanya dengan tampilan materi iklan produk kita. Sehingga kita perlu mempelajari strategi content marketing dan menyisipkan elemen copywriting dalam materi iklan kita (baca: Beda Copywriting Dan Content Marketing).

Act

Tahap akhir dari keseluruhan proses komunikasi pemasaran tentunya adalah adanya tindakan pembelian oleh konsumen. Di sini kita bisa menggunakan beberapa strategi closing yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya (baca: Teknik Closing Penjualan).

Di era disrupsi digital seperti saat ini, konsep AIDA telah mengalami pergeseran strategi menjadi AISAS, yaitu Attract, Interest, Search, Act, Share, dengan adanya 2 unsur tambahan, yaitu Search dan Share.

Search adalah tahap di mana konsumen akan mencari referensi secara online, baik itu dari website resmi bisnis kita atau pun dari ulasan pengguna lain. Untuk itu, saat ini kenampakan bisnis kita di dunia online akan sangat mempengaruhi kemajuan bisnis kita karena menjadi salah satu rujukan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Di samping itu, mendapatkan ulasan yang bagus dari konsumen juga menjadi hal penting.

Share merujuk pada tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan produk kita. Konsumen di era digital saat ini tidak cukup hanya pada tahap menggunakan produk saja, melainkan membagikan pengalaman mereka dalam menggunakan produk kita melalui ulasan di media-media online. Semakin banyak ulasan bagus yang bisa diakses calon konsumen, semakin calon konsumen yakin dengan performa produk kita.

Moving From AIDA To AISAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram