Kamis (15/08) dilaksanakan launching Rumah Kreatif BUMN (RKB) Blitar yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero). Boleh dibilang ini adalah kehadiran perdana Rumah Kreatif BUMN di wilayah Blitar Raya. Sehingga keberadaan RKB Blitar sangat diharapkan oleh berbagai pihak untuk mampu meningkatkan kualitas para pelaku UMKM dalam berbagai hal sesuai dengan tujuan didirikannya RKB (baca: Rumah Kreatif BUMN: Peluang Dan Tantangan).

Lokasi RKB Blitar yang terletak di pusat Kota Blitar membuat RKB mudah dijangkau dari segala penjuru wilayah Blitar. Selain itu, RKB yang terintegrasi dengan ruang layanan utama PLN UPL Blitar memberikan akses bagi para pengguna layanan PLN UPL Blitar untuk lebih cepat mengenal keberadaan RKB. Sebaliknya, memberi kemudahan bagi para pelaku UMKM peserta program untuk menggunakan layanan PLN UPL Blitar. Di sisi lain, Blitar merupakan salah satu kantong PMI (Pekerja Migran Indonesia) terbesar di Indonesia yang saat ini sedang mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan memiliki potensi besar dalam bersinergi dengan RKB Blitar.

Ke depan, kegiatan-kegiatan yang akan diadakan secara rutin di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Blitar, di antaranya:

  1. Pendataan UMKM Peserta Program

Pendataan dimaksudkan untuk mendapatkan peserta program dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Pendataan dilakukan dengan cara menyebarkan formulir registrasi digital kepada komunitas-komunitas UMKM yang ada untuk kemudian dilakukan seleksi.

  1. Pemberian Materi Pelatihan

Pemberian materi pelatihan berbasis praktek yang akan dilakukan rutin 1 kali dalam 1 bulan @ 2 jam dengan sistem kelas kecil (maksimal 20 orang) untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Kurikulum materi terstruktur dan disusun berdasarkan kebutuhan UMKM dan disampaikan oleh narasumber praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya, mulai penanaman mindset entrepreneurship, berbagai teknik pemasaran digital yang bisa digunakan oleh UMKM, manajemen produksi, hingga tata kelola usaha.

  1. Pendampingan & Konsultasi

Pendampingan dan konsultasi oleh tenaga ahli (konsultan) dilakukan rutin setiap 1 kali dalam 1 minggu (4 kali dalam 1 bulan). Sedangkan pendampingan dan konsultasi rutin harian bisa dilakukan oleh tenaga admin yang tersedia di RKB.

  1. Publikasi RKB

Untuk lebih mengenalkan keberadaan RKB, pengelola RKB Blitar akan melakukan langkah-langkah publikasi melalui:

  1. Media Sosial (Online – Facebook & Instagram)
  2. Expo & Pameran (Offline)
  3. Sosialisasi ke dinas dan instansi terkait
  4. Pengelolaan Ruang Pamer Produk

Pengelolaan ruang pamer produk sangat diperlukan untuk lebih mengenalkan produk-produk UMKM binaan RKB Blitar. Selain diharapkan terjadinya transaksi penjualan langsung, adanya ruang pamer produk ini juga memungkinkan berkembangnya jaringan distribusi yang lebih luas. Di sisi lain, akan semakin menambah semangat dan memberi motivasi pada para UMKM binaan RKB untuk lebih meningkatkan kreativitas, memperbaiki kualitas dan tampilan produknya.

 

Untuk dapat membentuk para pelaku UMKM yang berkualitas, pengelola RKB Blitar akan memberikan materi pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan dan kapasitas usaha masing-masing peserta program yang dibagi dalam 3 tema besar, yaitu Go Modern, Go Digital dan Go Online. Secara terperinci, materi-materi tersebut adalah:

  1. Motivasi & Mindset Kewirausahaan
  2. Teknik Pemasaran Digital
    1. Teknik Memasarkan Produk Melalui Media Sosial Facebook & Instagram
    2. Teknik Desain Poster Indah & Mudah Dengan Aplikasi Canva
    3. Teknik Foto Produk Dengan Smartphone
    4. On-Boarding Marketplace Blanja.com
    5. Teknik Membuat Video Iklan Dengan Smartphone
    6. Membangun Branding Usaha Dengan “Google Bisnisku”
    7. Strategi Meningkatkan Penjualan
  3. Manajamen Produksi
    1. Merancang Kemasan Yang Mengesankan
    2. Mengembangkan Saluran Distribusi Pemasaran
    3. Merancang Inovasi Bisnis & Produk
    4. Menghitung Harga Jual Produk
  4. Tata Kelola Usaha
    1. Membuat Perencanaan Usaha Dengan Business Model Canvass (BMC)
    2. Mengelola Keuangan Usaha
    3. Pencatatan Transaksi Keuangan Digital Menggunakan LAMIKRO & SiAPIK
    4. Strategi Pelayanan Pelanggan & Penanganan Keluhan
    5. Perijinan Usaha & Perpajakan
    6. Mengenal Berbagai Opsi Permodalan

Demi kemajuan UMKM di wilayah Blitar Raya, RKB Blitar membuka tangan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu instansi pemerintah, antar BUMN, komunitas dan asosiasi UMKM dan sebagainya.

UMKM kuat, bangsa berdaulat.

RKB Blitar Buka Peluang Kerjasama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram