Satu hal menarik dari pelaksanaan Workshop Optimalisasi E-Commerce Untuk IKM Kota Kediri yang diselenggarakan oleh KADIN Kota Kediri pada tanggal 10 dan 11 Juli 2019 di Hotel Citihub Kediri adalah bahwa 90% pesertanya didominasi oleh kaum wanita. 60 peserta yang kebanyakan wanita ini berasal dari berbagai latar belakang komunitas IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Kota Kediri, antara lain industri kuliner, makanan & minuman kemasan, kerajinan, fashion dan kosmetik. Mereka mempelajari materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber yang merupakan praktisi ahli di bidangnya dan melakukan praktek langsung dengan penuh antusias.

Materi yang diberikan di sesi pertama pada hari pertama workshop ini adalah “Strategi Membangun Branding Bisnis Melalui Video” yang disampaikan oleh Danis Kirana, salah satu tim fasilitator Gapura Digital Malang. Dengan gaya khas milenial yang sangat mengena bagi peserta, Danis Kirana mengulas pentingnya menggunakan video sebagai alat untuk membangun brand bisnis karena kecenderungan masyarakat saat ini untuk melihat tayangan video. Selain itu, Danis Kirana juga menjelaskan strategi membuat konten video yang berkesan di hati audiens.

Setelah istirahat makan siang, workshop dilanjutkan dengan pemaparan Adhi Kusumo tentang “Teknik Foto Produk Dengan Smartphone”. Adhi Kusumo adalah lulusan New York Institute of Photography dan meraih Juara ke-1 Lomba Foto Produk Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian. Setelah mendapat penjelasan mengenai teknik menghasilkan foto produk yang cantik dengan menggunakan smartphone dan peralatan pendukung yang ada di sekitar kita, peserta dipandu untuk melakukan melakukan praktek langsung pemotretan.

Workshop hari kedua sesi pertama diisi oleh Rofiul Hadi, seorang praktisi marketplace, dengan materi “Banjir Order Melalui Marketplace”. Di sini peserta mendapat penjelasan mengenai tips-tips berjualan di berbagai marketplace yang banyak bermunculan dan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku IKM, di antaranya Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan sebagainya.

Sesi kedua di hari kedua dilanjutkan oleh Fianda Julyantoro dengan materi “Tips Sukses Content Marketing Melalui Media Sosial” dan praktek membuat video iklan. Karena sebagian besar peserta workshop sudah menggunakan media sosial sebagai sarana penjualan produk, Fianda Julyantoro menekankan materi pada tips-tips mengelola konten yang baik, seperti mengenali segmen pasar yang dituju, membuat kalender konten dan mengevaluasi efektifitas konten. Di akhir sesi, peserta diajak praktek langsung membuat video iklan pendek dengan menggunakan smartphone.

Workshop Optimalisasi E-Commerce Untuk IKM Kota Kediri yang didukung penuh oleh Pemerintah Kota Kediri ini adalah wujud kontribusi nyata KADIN Kota Kediri dalam mengembangkan kapasitas usaha para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Kota Kediri.

Workshop Optimalisasi E-Commerce Untuk IKM Kota Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram