Saya sama sekali tidak menyangka jika hingga bulan Juni 2019 ini telah berkunjung ke Pacitan sebanyak 4 kali. Padahal sebelumnya, kesan yang ada dalam pikiran tentang Pacitan adalah: destinasi wisata yang jauh, kondisi jalan berliku di pegunungan, melelahkan, kotanya kecil, dan hal-hal lain yang kurang nyaman. Bahkan hingga tahun 2018 saya sama sekali belum pernah ke Pacitan.

Kunjungan perdana ke Pacitan adalah pada tanggal 28 Desember 2018. Saat menjelang akhir tahun, dalam rangka survey lokasi untuk mengadakan kegiatan Workshop Digital Marketing yang akan diselenggarakan Bank Indonesia KPw Kediri pada bulan Januari 2019. Saya dan tim survey mengambil Jalur Lintas Selatan sebagai rute perjalanan.

Kunjungan kedua adalah pada saat pelaksanaan Workshop Digital Marketing, yaitu pada tanggal 4-5 Januari 2019. Saat itu kami kembali menggunakan Jalur Lintas Selatan karena terkesan dengan Pantai Soge dan ingin mampir makan ikan bakar. Kami menginap selama 4 hari di Pacitan dan menyempatkan berkunjung ke Pantai Teleng Ria di sela-sela waktu bertugas. Berita kegiatan Workshop Digital Marketing di Pacitan bisa dibaca di sini.

Tak disangka, datang kesempatan untuk berkunjung lagi ke Pacitan untuk yang ketiga kalinya, bertepatan dengan tugas pendampingan terhadap para pelaku UMKM Pacitan yang sudah mengikuti workshop digital marketing yang diadakan Bank Indonesia.  Pendampingan dilaksanakan pada 29 Maret 2019 dengan tema “Roadshow 3 Kota – Strategi Digital Marketing & Inovasi Bisnis 2019”. Kali ini, tim Digma Solutions menggunakan jalur Ponorogo-Pacitan karena kami berangkat dari Madiun setelah melaksanakan tugas pendampingan di Madiun. Meskipun sama-sama jauh, jalur Ponorogo-Pacitan boleh dibilang lebih landau, tidak banyak tanjakan terjal sebagaimana Jalur Lintas Selatan.

Akhir Juni 2019 saya kembali mendapat tugas dari Bank Indonesia KPw Kediri untuk melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM Pacitan. Di mana saat itu di Pacitan sedang diselenggarakan event Gelar Produk Unggulan & Expose 2019 yang diadakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pacitan. Bank Indonesia KPw Kediri berpartisipasi sebagai pihak sponsor kegiatan dan pengisian materi untuk UMKM peserta event.

Pacitan memang ngangenin. Saya selalu terkesan dengan para pelaku UMKM Pacitan yang penuh semangat ingin mengembangkan usahanya. Semoga masih ada kesempatan berikutnya berkunjung ke Pacitan dan berinteraksi intensif dengan para pelaku UMKM di sana.

UMKM Pacitan Yang Ngangenin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram