Semua pebisnis tentu menginginkan memiliki produk yang“ngangeni”dan mudah dikenal oleh konsumennya. Sehingga, pemahaman tentang tahapan dan strategi mengelola brand yang tepat sangat dibutuhkan oleh semua pebisnis yang menginginkan produknya laris manis di pasaran dan selalu diburu pelanggan.

Secara sederhana, brand adalah segala identitas dan atau atribut yang menempel pada suatu produk yang membuat produk tersebut mudah diingat oleh penggunanya. Brand suatu produk bisa meliputi nama, ciri khas, logo, desain produk, atau gabungan dari keempatnya. Sedangkan branding adalah strategi komunikasi pemasaran yang direncanakan dan disusun secara matang dalam upaya membangun dan membesarkan brand produk tersebut.

Beberapa tahapan branding yang harus kita ketahui, yaitu:

  1. Brand Awareness
  2. Brand Loyalty
  3. Brand Association
  4. Perceived Quality

 

Brand Awareness

Brand awareness (kepedulian terhadap brand) adalah kemampuan calon pembeli mengenali suatu produk di antara deretan produk sejenis yang ada dalam memorinya. Misalnya, sebagian besar produk air mineral dalam kemasan (AMDK) menggunakan warna dasar biru yang melambangkan kesegaran sebagai tema produknya, maka AMDK dengan tema produk orens atau hijau muda akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh konsumennya. Atau, saat kita melihat logo orang tua dengan jenggot putih di restoran ayam goreng cepat saji, maka kita dengan cepat akan mengenali brand yang melekat dengannya.

Menjadikan suatu brand mudah diingat oleh konsumen tentunya bukan hal yang mudah dan instan. Dibutuhkan waktu dan upaya yang konsisten mulai dari mengenalkan brand yang belum dikenal sama sekali hingga menjadi sangat diingat (top of mind).

 

Brand Loyalty

Brand loyalty (loyalitas terhadap brand) adalah derajat kesetiaan dan komitmen dari pelanggan terhadap sebuah brand. Tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu brand bisa beragam, mulai dari pembeli yang tidak memiliki loyalitas sama sekali, pembeli yang sensitif terhadap perubahan harga, pelanggan yang membeli suatu produk karena kebiasaan hingga pelanggan yang terikat kuat secara emosional dengan suatu brand. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas terhadap brand adalah kelas sosial ekonomi yang telah dibahas di tulisan“Kenali Karakter Konsumen Anda”.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand kita adalah dengan memperlakukan pelanggan dengan baik, membangun kedekatan emosional dengan pelanggan dan sering memberikan program-program promo untuk pelanggan setia.

 

Brand Association

Terkadang pelanggan memerlukan alat bantu untuk memudahkan mengenali produk kita. Alat bantu tersebut bisa berupa tagline, maskot, jingle, benefit yang didapatkan pelanggan, harga, kemudahan penggunaan, brand ambassador atau apa pun. Itulah yang disebut brand association.

Beberapa contoh brand association yang kita dengan mudah langsung mengenali brandnya:

  • Apa pun makanannya, minumnya….
  • Camera-phone untuk selfie…
  • Maskapai penerbangan murah dengan jadwal terbanyak….
  • Sepeda motor yang irit bahan bakar….
  • Diputar, dijilat, terus dicelupin….
  • Dan sebagainya

 

Perceived Quality

Salah satu elemen terkuat yang dibutuhkan dalam branding adalah kualitas. Tidak bisa dipungkiri, kualitas yang prima akan mampu menjadi strategi branding yang kuat, yang akan membuat pelanggan loyal terhadap produk kita. Karena tentunya pelanggan membeli dan menggunakan produk kita dengan ekspektasi kualitas yang sesuai dengan harga yang dibayarkan, bukan hanya karena tampilan fisik semata. Tanpa kualitas yang memadai, segala upaya branding yang kita lakukan akan sia-sia.

Beberapa elemen kualitas produk yang diharapkan oleh pelanggan:

  1. Kinerja produk
  2. Fitur-fitur yang dijanjikan
  3. Kesesuaian dengan spesifikasi yang diberikan
  4. Ketahanan produk
  5. Kemudahan servis
  6. Dan sebagainya

 

Setelah mempelajari pengetahuan tentang branding, kita bisa mulai merancang dan menyusun strategi branding yang sesuai dengan brand produk kita.

Branding Itu Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram