Semua berawal saat kami bertiga; Fianda Julyantoro (saya), Nuryanto dan M Kholiq Ali, diundang ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Kediri (KPw BI Kediri) pada Kamis 08 Maret 2018 untuk membicarakan konsep workshop digital marketing bersama Bapak Djoko Raharto dan Bapak Priatna. Bukan tanpa alasan kami bertiga diundang. Kami bertiga adalah peserta kompetisi bisnis WUBI (Wira Usaha Bank Indonesia) yang diadakan BI Jawa Timur pada tahun 2014 dan selama ini intens melakukan komunikasi dengan KPw BI Kediri.

Setelah berdiskusi panjang tentang konsep dan materi workshop digital marketing yang diinginkan oleh pihak KPw BI Kediri, akhirnya dicapai kesepakatan untuk melaksanakan workshop digital marketing selama 2 hari pada tanggal 23 – 24 Maret 2018 dengan target 100 peserta UMKM di wilayah Kediri dan sekitarnya. Materi yang diberikan adalah pemasaran melalui media sosial (Facebook & Instagram), pemasaran melalui marketplace dan cara menghasilkan foto produk dengan menggunakan smartphone.

Dalam masa persiapan workshop digital marketing ini, kami bertiga membicarakan berbagai kemungkinan peluang di masa mendatang dan sepakat untuk bersinergi dalam bentuk usaha bersama dengan nama DIGMA SOLUTIONS yang berfokus pada penyelenggaraan workshop dan pendampingan UMKM di bidang digital marketing.

Alhamdulillah event perdana workshop digital marketing di Kediri terselenggara dengan baik dan sesuai target yang ingin dicapai. Disusul dengan tugas penyelenggaraan event berikutnya, yaitu Talkshow Digital Marketing Dalam Rangka Festival Batik Dan Tenun Se-Mataraman 27 – 29 April 2018 dan Seminar Ekonomi Syariah Bidang Fashion pada 12 Juli 2018 dengan pembicara desainer kondang Vivi Zubedi dari Jakarta. Berikutnya, pada 4 September 2018, Digma Solutions mengadakan workshop teknik membuat video iklan dengan menggunakan smartphone. Alhamdulillah semua tugas dari KPw BI Kediri dapat diselesaikan dengan tuntas dan memuaskan.

Selanjutnya, KPw BI Kediri memberikan tantangan pada Digma Solutions untuk menyelenggarakan event di luar kota. Tepatnya, mempersiapkan Festival UMKM di Madiun pada 4 November 2018, dilanjutkan dengan workshop digital marketing kedua di Madiun pada 4 – 5 Desember 2018. Memasuki awal 2019, Digma Solutions kembali mendapat tantangan untuk melaksanakan workshop digital marketing ketiga di Pacitan. Pada 26 – 27 Februari 2019, kami kembali mendapat tugas untuk melaksanakan workshop digital marketing keempat di Blitar, bekerjasama dengan PERTAKINA (Perkumpulan TKI Purna & Keluarga). Tugas berikutnya menanti untuk workshop digital marketing di Ponorogo dan Nganjuk.

Di sela tugas melaksanakan tugas dari KPw BI Kediri, Digma Solutions menyempatkan membuat event mandiri pada 6 Maret 2019, yaitu Workshop Public Speaking Mastermind yang memadukan 2 keilmuan yang berbeda, yaitu ilmu public speaking dan hypnotherapy (hypnosis for speaking) dengan duet pemateri Fianda Julyantoro dan Nara S Wiratama. Ke depan akan banyak lagi event-event mandiri yang diselenggarakan Digma Solutions dengan menggandeng lebih banyak kontributor.

Dengan demikian, Digma Solutions semakin meneguhkan visi dan misi sebagai penyelenggara kegiatan (event organizer) dan mitra pendampingan UMKM. Terima kasih tak terhingga kepada KPw BI Kediri, terutama Bapak Djoko Raharto, yang telah memberikan dukungan penuh bagi Digma Solutions. Demikian juga dengan para associate trainer (Daeng Faqih, Adhi Kusumo, Budy Santos, Dimas R Pamungkas, Kurniawan Subiantoro, Rofiul Hadi, Yufi Priyo) dan teman-teman UMKM yang telah bersinergi bersama kami. Semoga silaturahim senantiasa terjaga dan tetap bisa saling memberi manfaat.

Refleksi Satu Tahun Digma Solutions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram