Saat mendapat tawaran dari seorang teman untuk memberi materi pemasaran online untuk 200-an penyandang disabilitas dalam rangka Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 9 Desember 2018 di Hotel Lotus Garden Kediri, saya sempat ragu. Apakah saya mampu memberikan materi sesuai kebutuhan audiens? Tapi, bismillah. Saya terima tawaran tersebut dengan harapan semoga materi yang saya sampaikan sesuai dan bisa diterapkan oleh teman-teman penyandang disabilitas dalam mengembangkan usahanya.

Saya siapkan dan sampaikan materi online marketing dasar yang terkait:

  1. Pemanfaatan media sosial, terutama Facebook dan Instagram, untuk menunjang pemasaran produk
  2. Strategi SEO sederhana dengan menggunakan Google Bisnisku agar bisnis terindeks di mesin pencari Google dan ditampilkan di Google Maps
  3. Deskripsi sederhana mengenai marketplace sebagai sarana mendisplay produk

Ada beberapa hal menarik dan pelajaran berharga yang saya dapatkan dari penyampaian materi pemasaran online untuk penyandang disabilitas ini.

Pertama, banyak di antara penyandang disabilitas yang sudah memiliki produk sebagai hasil dari berbagai pelatihan yang mereka dapatkan. Sayangnya, mereka masih mengeluhkan kesulitan memasarkan produknya, sehingga mereka sangat senang bisa memperoleh materi pemasaran online yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kedua, saya sangat terkesan bisa tampil “duet” bersama interpreter bahasa isyarat untuk peserta seminar yang menyandang tuna rungu. Di saat saya menyampaikan materi sambil berkeliling ruangan dan berinteraksi dengan peserta (seperti yang biasa saya lakukan di setiap saya mengisi materi), sang interpreter dengan telaten menerjemahkan setiap ucapan saya di depan peserta penyandang tuna rungu.

Ketiga, saya sangat bersyukur materi yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik oleh peserta. Indikatornya, banyak yang bertanya dalam sesi tanya jawab. Dan banyak permintaan untuk mengunjungi sekretariat komunitas difabel untuk tindak lanjut yang lebih nyata.

Semoga materi yang saya sampaikan dapat dimanfaatkan teman-teman penyandang disabilitas dalam mengembangkan bisnisnya.

Online Marketing Untuk Penyandang Disabilitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram