Inovasi dalam suatu bisnis memiliki nilai yang sangat penting. Bisa dikatakan, inovasi merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara terus menerus sebagai salah satu syarat bisnis yang berkembang. Secara terminologi, inovasi dapat diartikan sebagai proses menciptakan sesuatu hal baru yang belum ada sebelumnya, entah itu dengan cara menambahkan hal baru pada yang sudah ada, menggabungkan beberapa hal yang sudah ada, atau pun menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Tujuan inovasi ini tentunya adalah untuk menyempurnakan, memperbaiki dan memberi nilai tambah pada sesuatu yang telah ada sebelumnya. Di dalam suatu organisasi bisnis, tugas inovasi ini biasanya ada di divisi penelitian dan pengembangan (research and development)

Mengapa perlu inovasi dalam bisnis?

  1. Jaman berubah, bisnis harus up to date

Bisnis yang tidak mengikuti perkembangan jaman cepat atau lambat pasti akan mengalami kemunduran dan mati. Meminjam istilah Profesor Rhenald Kasali, saat ini kita berada di era disrupsi di mana teknologi berubah dengan cepat. Kita lihat bagaimana Nokia, Kodak dan banyak perusahaan besar lainnya hilang ditelan jaman akibat tidak mengikuti perkembangan jaman. Untuk itu, inovasi dalam bisnis merupakan suatu keharusan jika tak ingin bisnis kita mati.

  1. Memberi solusi pada masalah yang dihadapi konsumen

Diakui atau tidak, konsumen adalah mitra utama bisnis kita. Tanpa adanya konsumen yang menggunakan produk kita, tidak mungkin roda bisnis kita bisa berputar. Untuk itu, kita perlu memperhatikan suara konsumen, bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan produk kita. Dari masukan-masukan yang diberikan inilah kita melakukan proses inovasi, perbaikan dan pengembangan untuk memberikan produk yang lebih baik untuk konsumen.

  1. Mengatasi kejenuhan pasar

Produk yang itu-itu saja tentunya dapat menimbulkan kejenuhan pasar, terutama jika target pasarnya adalah remaja yang aktif dinamis dan selalu menginginkan hal-hal baru. Untuk itu selalu diperlukan inovasi-inovasi kecil dalam produk untuk mengatasi kejenuhan pasar, misalnya dengan menambah varian produk atau sekedar menambahkan sesuatu yang unik pada kemasan.

  1. Tingkat kompetisi yang semakin ketat

Kompetisi dalam bisnis adalah keniscayaan. Tidak mungkin selamanya bisnis kita berada di zona lautan biru (blue ocean) yang minim persaingan. Proses inovasi inilah yang harus dilakukan untuk bisa mengeluarkan bisnis kita dari zona lautan merah (red ocean) yang kompetisinya berdarah-darah menuju zona lautan biru lagi yang kompetisinya relatif tenang.

  1. Efisiensi proses untuk meningkatkan profit

Tujuan akhir dari suatu bisnis tentunya adalah laba atau profit. Banyak bisnis yang gagal membukukan profit akibat proses produksi yang tidak efisien. Banyak kebocoran yang bisa menimbulkan biaya tinggi, misalnya alur kerja yang tidak efisien. Pekerjaan yang mestinya bisa menghasilkan 50 produk per hari, misalnya, ternyata hanya bisa menghasilkan 45 produk. Di sini tentunya diperlukan inovasi proses untuk meningkatkan produktivitas.

Strategi inovasi apa saja yang bisa diterapkan dalam sebuah bisnis bisa dibaca di sini.

Perlukah Inovasi Bisnis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram