Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu mengamati orang-orang yang sangat ahli di bidangnya. Bisa jadi dia seorang eksekutif di perusahaan, tenaga pemasaran atau pun sekedar tukang jahit pinggir jalan. Pertanyaannya, proses apa yang sudah mereka lewati sehingga mereka sangat lihai dan ahli dalam melakukan pekerjaannya?

Dalam bukunya “Outliers”, Malcolm Gladwell mengungkapkan argumen bahwa untuk mencapai keahlian tertentu dalam hal apa pun seseorang harus menyelesaikan 10.000 jam berlatih. Entah itu keahlian di bidang pemasaran, menulis, pembicara publik atau apa pun. Berlatih selama 10.000 jam tanpa henti dan tanpa kenal lelah akan membuat seseorang menjadi ahli dalam bidangnya.

Jika ditarik ke dalam perhitungan waktu, berapa lama 10.000 jam latihan ini bisa diselesaikan?

Kita asumsikan saja kita berlatih selama 8 jam per hari, 5 jam per minggu.

Artinya, kita berlatih sebanyak 40 jam per minggu.

Maka, kita akan memerlukan waktu berlatih selama = 10.000 jam : 40 jam : 52 minggu = 4,8 tahun untuk memenuhi 10.000 jam latihan ini. Sungguh suatu upaya yang membutuhkan kesungguhan dan kerja keras.

Bagaimana jika kita berlatih tidak sekeras dan sedisiplin itu? Bagaimana jika banyak kelonggaran yang kita buat untuk menunda jam berlatih? Tentunya waktu yang kita butuhkan untuk menjadi seorang ahli di satu bidang akan menjadi lebih lama.

Nah, setelah mengetahui “The Power Of 10,000 Hours Practise”, pola latihan macam apa yang akan Anda terapkan untuk mencapai tingkat expert di bidang Anda geluti saat ini?

 

The Power Of 10,000 Hours Practice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram