Memulai usaha pengolahan rosella sejak tahun 2012 di Desa Macanbang Kec Gondang Kab Tulungagung, hari ini produk olahan rosella “Cangkir Mas” sudah sangat dikenal masyarakat. Varian produknya yang beragam, mulai rosella cup dan botol siap minum, rosella serbuk celup, rosella kering seduh, hingga bubuk rosella, membuat pelanggan bebas memilih produk yang sesuai kebutuhannya.

Untuk menjamin pasokan bahan baku, Cangkir Mas bersinergi dengan petani-petani rosella dari beberapa daerah, seperti Bojonegoro, Nganjuk dan sebagainya. Kendala muncul akibat siklus tanam rosella yang sifatnya musiman, tidak berbunga sepanjang tahun. Sehingga, untuk menjamin ketersediaan bahan baku rosella dan kelangsungan produksi selama 1 tahun, tak jarang Cangkir Mas harus menyimpan stok bahan yang cukup banyak. Dan ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Selain aneka olahan rosella, Cangkir Mas juga memproduksi aneka kripik, antara lain kripik pisang, kripik talas dan kripik singkong, yang dikemas dalam plastik kecil dan sistem penjualannya dititipkan ke warung-warung. Untuk kemasan yang lebih besar, pemasaran sudah meluas hingga Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan dan dijual di super market dan toko oleh-oleh.

Visi ke depan dari Cangkir Mas adalah lebih memasyarakatkan minuman rosella dengan jalan mengembangkan kemitraan untuk minuman rosella segar yang dipasarkan dengan konsep booth (rombong) sebagaimana minuman teh yang marak saat ini. Berikutnya, bukan sesuatu yang mustahil Cangkir Mas akan membuat wisata edukasi agro “Kampung Rosella”.

Olahan Rosella “Cangkir Mas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram