Salah satu manfaat membangun saluran distribusi adalah untuk mengurangi resiko pada pebisnis dengan cara membagi resiko itu dengan para distributor. Selain tentunya yang lebih utama adalah untuk meningkatkan volume penjualan.

Bagaimana maksudnya membagi resiko ?

Ya. Dengan membangun saluran distribusi ada beberapa hal yang bisa Anda bagi resikonya kepada para distributor, di antaranya:

  1. Area penyimpanan.

Anda bisa membagi ruang penyimpanan produk ke gudang-gudang distributor Anda. Bayangkan kondisi sebaliknya jika semua produk harus disimpan di gudang Anda. Berapa luasan ruang penyimpanan yang harus Anda siapkan?

  1. Penyaluran dan transportasi produk

Penyaluran dan transportasi produk dari distributor ke agen atau reseller hinnga konsumen tentunya memerlukan energi yang tidak sedikit. Mulai dari pengepakan, pengangkutan, hingga pengiriman. Apalagi jika harus mengkalkulasi armada transportasi yang harus disiapkan.

Dengan memanfaatkan saluran distribusi, sebagian peran penyaluran produk sudah diambil alih oleh para distributor karena profesi mereka memang spesifik di bidang ini.

  1. Promosi dan publikasi.

Manfaat berikutnya dari saluran distribusi adalah berbagi dengan para distributor dalam hal promosi dan publikasi. Distributor tentunya juga menginginkan produknya laku di pasaran. Sehingga mereka tidak sayang untuk menganggarkan biaya promosi dan publikasi untuk meningkatkan penjualan. Setidaknya untuk wilayah lokal yang menjadi area distribusi mereka.

  1. Pengkoordinasian saluran distribusi level bawah

Distributor mengkoordinasikan saluran distribusi satu level di bawahnya, misalnya, untuk level agen dan reseller. Semakin besar bisnis startup Anda, tentunya semakin banyak agen dan reseller yang tidak mungkin Anda koordinir sendirian. Di sinilah peran distributor dalam mengkoordinir saluran distribusi level bawah sehingga tugas Anda semakin ringan dan bisa memanfaatkan enegi untuk proses bisnis yang lain.

  1. Pembayaran dan penagihan

Tentu akan sangat tidak efisien jika Anda mengkoordinir penagihan pembayaran di seluruh jaringan distribusi Anda. Di sini, Anda dapat berbagi tugas dengan distributor Anda. Distributor melakukan penagihan pembayaran di level retailer, Anda cukup mengkoordinir penagihan pembayaran di level distributor saja.

  1. Jaringan pemasaran

Distributor yang profesional dan berpengalaman tentu memiliki jaringan pemasaran yang luas. Hal ini sangat membantu pebisnis startup yang notabene baru melakukan penetrasi pasar dibandingkan bila harus membangun jaringan pemasaran sendiri mulai dari nol.

  1. Layanan purna jual

Untuk produk-produk tertentu seperti produk otomotif dan elektronik, tentunya memerlukan adanya pelayanan atau jaminan setelah barang tersebut dibeli. Misalnya pelayanan reparasi produk yang rusak, pemeliharan rutin ataupun penyediaan suku cadangnya. Layanan purna jual ini bisa ditangani oleh distributor untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Bayangkan jika semua hal di atas harus Anda tangani sendiri. Betapa banyak sumber daya dan dana yang harus diinvestasikan. Padahal kebanyakan pebisnis startup memulai bisnis dengan keterbatasan dana.

Benefit lain yang bisa Anda dapatkan dengan membangun saluran distribusi adalah Anda dapat lebih fokus pada peningkatan produksi dan inovasi produk baru. Karena fungsi pendistribusian produk sudah diambil alih sebagian oleh distributor Anda.

Untuk Apa Membangun Saluran Distribusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram