Beliau lahir tahun 1947, seusia ayah saya.

Mendirikan Markplus Inc. pada 1990. Berarti saat itu beliau berusia 43 tahun. Bukan usia yang muda lagi, tapi sangat sarat pengalaman. Buku-buku beliau banyak menginspirasi dunia marketing, baik skala lokal maupun internasional. Pakar-pakar marketing kelas dunia pun bahkan kerap berkolaborasi dengan beliau. Kepiawaian beliau di dunia marketing sangat diakui berbagai kalangan, sehingga dinobatkan sebagai Marketing Suhu.

Sebelum mendirikan Markplus, beliau sudah malang-melintang di dunia marketing sebagai konsultan. Banyak perusahaan besar beliau tangani.

Teringat salah satu presentasi Jack Ma, CEO alibaba.com mengenai entrepreneurship.

Menurut Jack Ma, usia < 20 tahun adalah masa menjadi pelajar yang baik. Pelajari segala macam ilmu yang mungkin untuk dipelajari sebagai bekal hidup masa depan.

Usia 20-30 tahun adalah masa bekerja, mengamalkan ilmu yang dipelajari di tahap sebelumnya. Jack Ma menyarankan untuk bekerja di perusahaan kecil karena di situ bisa belajar passion dan etos kerja owner, bukan sekedar ngikut sistem yang sudah matang.

Usia 30-40 tahun masa mencoba berbisnis sendiri. habiskan tahap uji coba dan jatah kegagalan di rentang usia ini. Setiap kali gagal, bangkit. Gagal lagi, mencoba cara baru lagi. Sampai menemukan pola yang tepat.

Usia 40-50 tahun, bekerjalah di bidang yang benar-benar Anda kuasai. Tidak ada lagi uji coba di masa ini karena resikonya sangat tinggi.

Usia 50-60 tahun adalah masa mempekerjakan generasi muda karena mereka lebih memahami perkembangan yang ada.

Intimacy With Mr Hermawan Kartajaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram