Mengapa Anda harus memahami siklus hidup suatu produk ?

Karena jaman terus berganti dan semua produk ada masanya.

Bisnis warung telekomunikasi (wartel) yang sangat berjaya di era 1990-an, hanya dalam waktu 10 tahun, gemerlap bisnis wartel pudar dan bertransformasi menjadi warung internet (warnet). Saat ini bisnis warnet pun mulai redup karena begitu mudah dan murahnya orang melakukan koneksi internet melalui ponsel.

Atau, trend sistem transmisi kendaraan bermotor, entah itu mobil atau sepeda motor, yang dulunya hanya tersedia sistem transmisi manual menggunakan persneling. Saat dihadirkan opsi sistem transmisi matic (otomatis) yang lebih praktis, maka dalam waktu relatif singkat jalanan pun dipenuhi dengan kendaraan bermotor sistem matic. Dan kendaraan bermotor dengan sistem manual pun mulai ditinggalkan.

Contoh-contoh lain dari perkembangan teknologi yang mempengaruhi masa hidup suatu produk sangat mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah siklus hidup produk. Semua produk ada masa hidupnya. Apalagi di era informasi seperti sekarang ini. Perubahan trend produk menjadi sangat cepat, bukan hanya dalam hitungan tahun, bahkan bisa dalam hitungan bulan. Masa hidup suatu produk pun bisa jadi lebih pendek. Bisnis startup yang gagal mengikuti perubahan trend tentu akan tertinggal dan tergilas habis.

Dengan memahami siklus hidup suatu produk, Anda akan mampu mengendalikan strategi pemasaran, finansial, produksi, dan sumber daya manusia yang berbeda dalam tiap tahap siklusnya.

Tahapan siklus hidup produk itu adalah:

  1. Tahap Pengenalan

Tahap ini ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang lambat saat produk itu mulai diperkenalkan ke pasar karena brand belum dikenal.

Pada tahap ini bisnis hampir-hampir tidak menghasilkan laba karena besarnya biaya promosi untuk memperkenalkan produk.

 

  1. Tahap Pertumbuhan

Tahap penerimaan pasar di mana penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat.

Karena permintaan sangat meningkat dan produk sudah dikenal, maka usaha publikasi yang dilakukan tidak seagresif tahap sebelumnya.

 

  1. Tahap Kematangan

Merupakan periode penurunan pertumbuhan penjualan karena produk telah diterima oleh sebagian besar pasar sasaran. Volume penjualan produk bisa jadi tinggi, tetapi persentase pertumbuhannya menurun.

Pada tahap ini, laba relatif stabil atau menurun karena persaingan yang meningkat. Pebisnis startup perlu meningkatkan promosi dan iklan  lagi untuk menghadapi persaingan.

 

  1. Tahap Penurunan

Merupakan periode saat penjualan menunjukkan arah yang menurun dan laba yang menipis. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno.

 

Memahami Siklus Hidup Produk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram