Masih tentang Mister Toto Sudarmanto, owner lembaga kursus bahasa Inggris Global English, yang lembaga kursusnya berada di zona blue ocean competition karena memiliki spesialisasi di bidang akademik dan sertifikasi resmi IELTS.

Karena lembaga kursusnya terbilang “aman”, Mister Toto Sudarmanto melirik “mainan baru” di bidang kuliner yang bisa mensupport bisnis utamanya. Ya, semua penghuni Kampung Inggris butuh makan dan tempat yang cozy untuk sekedar nongkrong menghabiskan malam bareng teman. Maka, pilihan Mister Toto Sudarmanto jatuh pada “kafe”. Beliau pun membuka “Pare Corner Cafe” yang luasannya terbilang cukup besar.

Tapi, tunggu…!!

Apakah Pare Corner Cafe ini benar-benar kafe yang hanya menjual makanan dan minuman ringan serta tempat nongkrong anak-anak muda? Ternyata tidak! Kafenya hanya buka jam 16.00 sampai jam 22.00. “Terus, di waktu luang sebelum kafe buka, tempat ini untuk apa?”, tanya saya ke Mister Toto Sudarmanto.

“Ya dipakai untuk kelas kursus pak”, jawab beliau enteng.

What..?! Kafe dipakai untuk ruang belajar..?! Ruang belajar digunakan untuk kafe..?!

“Terus, belajarnya di mana pak?”, kejar saya.

“Ya di situ pak”, kata Mister Toto Sudarmanto sambil menunjuk meja dan kursi kafe dalam ruangan berpenerangan redup (karena memang suasana kafe).

Benar-benar out of the box…!!

Ini yang namanya MULTIPLE REVENUE STREAMS.

Penghasilan ganda dari satu lini bisnis.

Sudahkah bisnis Anda memiliki multiple revenue streams?

Multiple Revenue Streams

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram