Expo bisa menjadi sarana promosi yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk ataupun bisnis, terutama untuk bisnis startup. Bahkan banyak pebisnis besar yang memasukkan biaya expo ke dalam anggaran promosinya. Efektivitas hasil yang didapat selama expo bisa jadi lebih besar karena pangsa pasar yang ditarget sudah tersegmentasi. Brand bisnis juga terangkat dengan sering mengikuti expo.

Berikut 7 alasan mengapa seorang pebisnis startup sebaiknya sering mengikuti expo:

  1. Bertemu pembeli potensial

Melalui expo, seorang pebisnis startup bisa mengenalkan produk kepada ribuan pengunjung expo. Meskipun hanya berlangsung beberapa hari saja, peluang melebarkan sayap bisnis melalui expo ini terbuka lebar. Kemungkinan tindak lanjut seperti pertambahan jumlah pelanggan baru serta order yang otomatis bertambah amat mungkin terjadi.

  1. Menghasilkan omzet penjualan

Meskipun penjualan langsung bukan menjadi tujuan utama selama expo, seorang pebisnis startup tetap bisa mengoptimalkan jumlah transaksi penjualan selama expo dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan diskon, doorprize, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya bagi yang melakukan pembelian selama expo..

  1. Memperkuat brand awareness

Selain memperkuat brand pada produk yang ditawarkan, mengikuti expo juga sekaligus dapat memperkenalkan nama bisnis startup yang sedang dibangun. Bahkan jika banyak pencapaian prestasi yang telah didapatkan, contoh berbagai penghargaan, misalnya, dapat juga dicantumkan pada media promosi. Hal itu dimaksudkan untuk mengangkat atau memperkuat citra bisnis startup di mata para pengunjung pameran.

  1. Tes pasar untuk produk baru

Sering mengikuti expo bisa digunakan untuk memperkenalkan produk baru sekaligus menguji respon pasar. Selain produk baru, pameran juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk lama yang diberikan inovasi baru (produk modifikasi).

  1. Mempelajari kompetitor

Melalui expo, seorang pebisnis startup bisa sekaligus menjaring informasi tentang kompetitor, seperti harga produk, produk unggulan, dan peralatan yang digunakan. Atau sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka.

  1. Menambah jejaring bisnis

Pengunjung expo bukan hanya pengunjung yang sekedar iseng datang melihat-lihat pameran saja. Tak sedikit dari mereka sengaja datang ke expo untuk mencari rekan bisnis. Mereka bisa jadi adalah investor, pemilik/perwakilan dari bisnis lain yang terkait, supplier, distributor atau orang pemerintahan.Tidak menutup kemungkinan di dalam expo juga akan terjadi kesepakatan bisnis tertentu bahkan transaksi di tempat dengan mereka. Jangan sia-siakan juga pengunjung jenis ini. Siapa tahu bisnis startup Anda menjadi lebih berkembang setelah mengikuti pameran.

  1. Menggali Ide Inovasi

Dengan expo, seorang pebisnis startup akan bertemu dengan banyak produk dengan beragam variasi bentuk dan kemasan yang bisa memunculkan ide inovasi untuk produknya.

 

Ikut Expo, Pentingkah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram