Menurut Anda, apa yang menjadi kunci keberhasilan suatu produk bisa diterima dengan mudah di pasar?

Ya, benar! Kuncinya adalah DIFERENSIASI.

Di sisi lain, banyak pelaku UMKM yang menunjukkan ekspresi kebingungan menjawab pertanyaan apa yang menjadi diferensiasi atau pembeda produknya dibanding produk lain yang sejenis. Ya, karena mereka tidak merencanakan diferensiasi produknya sejak awal. Lalu, tanpa diferensiasi, apa yang akan ditawarkan ke pasar dengan tingkat kompetisi yang sangat ketat seperti saat ini? Bila produk Anda sama dengan yang lainnya, bagaimana Anda bisa berharap bisnis Anda bisa berkembang pesat?

Kenapa produk Anda harus memiliki diferensiasi dibanding produk lainnya?

Setidaknya, ada 5 alasan mengapa diferensiasi ini menjadi begitu penting, yaitu:

  1. Agar produk Anda mudah dikenali oleh konsumen

Sesuatu yang berbeda akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Sehingga konsumen lebih mudah mengingat produk Anda dibanding produk lainnya. Dalam hal ini, diferensiasi bisa berupa nama atau logo yang unik, warna kemasan, cara penawaran, dan sebagainya. Anda tentu ingat, cara penawaran produk “Tahu Bulat” yang sangat khas dan unik, menjadikan produknya mudah dikenali.

  1. Materi publikasi

Diferensiasi produk bisa Anda jadikan materi dalam mempromosikan produk. Anda harus sesering mungkin mem-blowup diferensiasi produk Anda di berbagai media sosial ataupun materi publikasi offline lainnya. Mengkomunikasikan diferensiasi ini menjadi sangat penting sehingga tertanam di benak konsumen potensial Anda (positioning).

  1. Nilai tambah produk

Seorang pebisnis fresh baby meal atau bubur bayi yang menggunakan sayuran organik sebagai bahan baku produknya memiliki peluang berkembang lebih cepat dibanding penjual bubur bayi yang tidak menggunakan sayuran organik. Sayuran organik inilah yang menjadi diferensiasi produk sekaligus menjadi nilai tambah produknya. Di mana saat ini orang semakin menyadari manfaat kesehatan, apalagi bagi anak-anak.

  1. Mendorong brand switching

Bila diferensiasi yang Anda tawarkan dalam produk Anda sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial Anda, bukan tidak mungkin mereka berpindah menggunakan produk Anda dan menjadi pelanggan setia Anda.

  1. Mendongkrak harga jual dan penjualan

Dengan memberikan diferensiasi yang tepat pada produk Anda, ini menjadi peluang untuk memasuki pasar tanpa kompetisi berarti di mana belum ada produk sejenis. Dengan sedikitnya kompetitor, tentu saja Anda bisa menentukan harga jual yang lebih tinggi dan lebih mudah meningkatkan penjualan. Hal ini tentu tidak mungkin terjadi pada produk sangat umum ada di pasar dengan tingkat kompetisi yang ketat.

 

Produk Anda Harus Beda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Instagram