JAPRI (Jadi Pengusaha Mandiri) USAID 2020 merupakan program pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi melalui peningkatan kemampuan kewirausahaan. Sasaran program JAPRI USAID 2020 lebih pada kaum perempuan dan kelompok rentan usia 18 hingga 29 tahun yang akan dilatih dan didampingi secara intensif untuk dapat membuka peluang usaha baru dalam rangka meningkatkan taraf hidup mereka. Modul pelatihan JAPRI USAID disusun secara sistematis sehingga peserta program akan dapat menerapkan secara utuh tahapan memulai usaha, mulai dari membuka pola pikir kewirausahaan, menggali ide usaha, menganalisa ide usaha, merencanakan produksi, merancang strategi pemasaran, hingga mengatur keuangan usaha.

Materi ”Mengidentifikasi Konsumen” memandu peserta program untuk melakukan segmentasi konsumen berdasar faktor geografis (luasan wilayah, jangkauan pemasaran, kondisi geografis), demografis (usia, jenis kelamin, pekerjaan, agama, dan sebagainya) dan psikografis (loyalitas, gaya hidup), penargetan salah satu segmen yang dianggap paling tepat dan memposisikan produk di benak konsumen.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam segmentasi:

  1. Ukuran pasar; apakah pasarnya cukup besar untuk bisa terjun di dalamnya
  2. Pertumbuhan pasar; apakah tingkat pertumbuhan pasarnya tinggi sehingga berpengaruh pada penjualan
  3. Tingkat kompetisi; apakah sudah banyak kompetitor di bisnis sejenis
  4. Profitable; apakah segmen pasar yang dipilih akan menghasilkan profit yang cukup bagi bisnis

Dengan melakukan segmentasi dan penargetan konsumen serta pemosisian produk yang tepat, diharapkan seorang pengusaha dapat mengidentifikasi siapa saja yang akan membeli produknya dan menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk target pasar yang dituju.

Modul materi berikutnya membahas “Perencanaan Produksi & Perhitungan Biaya Produksi”

Mengidentifikasi Konsumen – Modul JAPRI USAID #2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://coachfianda.com/2020/04/06/mengidentifikasi-konsumen-modul-japri-jadi-pengusaha-mandiri-usaid-2020-2
Instagram