Akhir-akhir ini pemerintah menggencarkan program UMKM Go Export sebagai upaya meningkatkan pendapatan negara dari sektor ekspor. Berbagai upaya dilakukan untuk memudahkan proses ekspor produk-produk UMKM, mulai perbaikan kualitas produk dan kemasan, edukasi perijinan dan persyaratan ekspor bagi pelaku UMKM, hingga melakukan business matching dengan perwakilan dagang dari negara tujuan ekspor.

Satu hal yang tidak kalah penting dalam upaya meningkatkan UMKM Go Export adalah edukasi mengenai pentingnya website profesional bagi pelaku UMKM yang produknya siap ekspor. Mengapa website begitu penting bagi UMKM Siap Ekspor? Karena website adalah representasi bisnis kita di dunia online. Calon pelanggan akan melihat profesionalitas usaha kita salah satunya melalui tampilan website kita. Semakin website kita tertata rapi dan menampilkan info-info yang diperlukan calon pelanggan, semakin besar kemungkinan terjadi kerjasama bisnis.

Sejatinya, website bukan hanya menjadi kebutuhan bagi UMKM Siap Ekspor, melainkan bagi semua pelaku UMKM dalam rangka merepresentasikan usahanya di dunia online. Website yang rutin diupdate dengan konten-konten menarik tentunya akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari Google sehingga keberadaan usaha lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UMKM, Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Digma Solusi Mandiri mengadakan Pelatihan Singkat Vokasional Dalam Rangka Pengembangan Usaha KUMKM dengan tema Membangun Website Untuk Toko Online. Pelatihan ini diikuti oleh 50 pelaku UMKM bidang kuliner dari Ponorogo dan dilaksanakan di Hotel Setia Budi Madiun pada tanggal 8 Oktober 2019. Dalam pelatihan ini, para peserta mempelajari strategi membuat toko online dengan menggunakan Blogger dan WordPress.

Beberapa materi yang dipelajari peserta dengan menggunakan metode belajar langsung praktek, adalah:

  1. Membuat akun Blogger, membuat nama dan domain blog, memilih tema
  2. Membuat postingan di blog dan menyisipkan foto
  3. Riset kata kunci untuk postingan
  4. Membuat halaman blog
  5. Menyisipkan gadget atau widget untuk mempercantik tampilan blog
  6. Menyisipkan tombol call to action Order Sekarang atau Hubungi Kami di blog
  7. Menyisipkan koordinat Google Maps di blog

Blogger dan WordPress boleh dibilang website gratis di mana kita menggunakan sub-domain dari penyedia layanan utama. Jika kita menggunakan sub-domain untuk layanan profesional usaha kita, tentu akan mengurangi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap usaha kita. Untuk itu, sangat disarankan bagi para pelaku UMKM untuk berinvestasi domain sendiri. Blogger dan WordPress bisa digunakan sebagai sarana berlatih untuk memahami konsep dasar membangun website untuk toko online.

Website Toko Online Untuk UMKM Siap Ekspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://coachfianda.com/2019/10/30/website-toko-online-untuk-umkm-siap-ekspor
Instagram