Dalam rangka memenuhi kebutuhan narasumber bagi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, platform LUNAS (Layanan UMKM Naik Kelas) bekerjasama dengan Digma Solutions menggelar Training of Trainers (ToT) Pengembangan Kapasitas Usaha Untuk UMKM. ToT Pengembangan Kapasitas Usaha Untuk UMKM Batch 1 Kediri diikuti oleh 20 peserta dari berbagai latar belakang profesi. Di antaranya akademisi, praktisi pengusaha, pendamping UMKM dan pembina komunitas. Tidak hanya berasal dari Kediri Raya, peserta ada yang datang dari Malang, Lamongan dan Bangkalan.

ToT Pengembangan Kapasitas Usaha Untuk UMKM dimulai dengan materi sekilas pengenalan PNM dan program-programnya serta mengapa perlunya diadakan ToT (baca: PNM Tingkatkan Pendampingan Untuk UMKM). Kemudian dilanjutkan dengan materi Komunikasi Efektif Bagi Pendamping UMKM yang disampaikan oleh Fianda Julyantoro, CEO Digma Solutions. Materi ini dimaksudkan supaya para narasumber mampu memberikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiensnya dengan memperhatikan status demografi sasaran komunikasinya. Terkadang narasumber menggunakan bahasa penyampaian yang terlalu akademis atau terlalu modern sehingga sulit dimengerti oleh audiens dan menjadikan efektivitas komunikasi justru berkurang. Untuk itu, narasumber wajib mengetahui siapa audiensnya sebelum menyusun dan menyampaikan materi.

Setelah itu, materi dilanjutkan dengan paparan Fahmi Tibyan dari platform LUNAS mengenai Strategi Pendampingan UMKM dan Teknik Mendesain Pelatihan Efektif. Di sini peserta diajak untuk memahami fungsi pendamping UMKM secara lebih mendalam dengan pendekatan diskusi kelompok.

Tindak lanjut dari ToT Pengembangan Kapasitas Usaha Untuk UMKM ini adalah terjalinnya kerjasama kemitraan antara PNM dengan para peserta sebagai narasumber program PKU yang diselenggarakan PNM Cabang Kediri, Blitar dan Tulungagung.

Training Of Trainers Pengembangan Kapasitas Usaha Untuk UMKM Batch 1 Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://coachfianda.com/2019/07/22/training-of-trainers-pengembangan-kapasitas-usaha-untuk-umkm-batch-1-kediri
Instagram