Menjadi public speaker yang sukses bisa jadi merupakan impian hampir semua orang. Berbicara di depan publik dengan penuh antusiasme, dan di akhir sesi mendapat apresiasi berupa aplus yang meriah dan ucapan terima kasih dari audiens. Di situlah letak kebahagiaan seorang public speaker. Tapi tangga menuju kesuksesan seorang public speaker tentu saja bukan jalan yang mudah dan instan untuk ditempuh. Banyak proses yang harus dilalui. Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk bisa menjadi seorang public speaker sukses.

  1. Walk The Talk
  2. Speak From The Heart
  3. Proper Preparation
  4. Practice Makes Perfect
  5. Built Your Personal Branding

Walk The Talk

Menyampaikan suatu topik yang biasa kita lakukan atau kita kuasai tentunya lebih mudah dibandingkan menyampaikan topik yang kita tidak memiliki pengetahuan terhadapnya. Bicara akan lancar dan terasa menyenangkan karena kita benar-benar menguasai semua seluk-beluk apa yang kita sampaikan. Tidak ada kegugupan akibat keraguan dan ketakutan salah kata. Sehingga kita bisa lebih memperhatikan dan berinteraksi dengan audiens.

Speak From The Heart

Dengan sikap nyaman dan tenang, kita bisa menyampaikan suatu materi dari hati terdalam. Kesungguhan kita dalam menyampaikan suatu materi bisa terlihat dari ekspresi wajah dan gerak tubuh kita saat berbicara. Audiens dapat menyerap energi positif yang kita berikan saat kita berbicara dengan penuh antusias sehingga mereka ikut terbawa dalam alur materi kita.

Proper Preparation

Persiapan yang matang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan penampilan seorang public speaker. Jangan pernah menyepelekan persiapan. Siapkan materi presentasi sedini dan sesempurna mungkin, catat poin-poin penting yang harus disampaikan dan ulangi materi beberapa kali hingga yakin menguasai. Istirahat yang cukup, hindari masuk angin dan makanan pedas yang bisa menyebabkan perut bermasalah. Datang ke lokasi presentasi lebih awal untuk beradaptasi dengan ruangan dan peralatan serta menyiapkan penampilan. Hindari terburu-buru yang dapat menyebabkan pikiran kalut dan kehilangan ingatan akan materi yang telah disiapkan.

Practice Makes Perfect

Terus menerus berlatih dan belajar akan membuat penampilan kita sebagai public speaker lebih baik dan terus membaik dari hari ke hari. Dalam bukunya “Outliers”, Malcolm Gladwell mengungkapkan bahwa untuk mencapai keahlian tertentu seseorang harus menyelesaikan 10.000 jam berlatih. Demikian halnya dengan public speaking. Semakin banyak berlatih akan semakin terlatih.

Built Your Personal Branding

Miliki ciri khas dan bangun personal branding kita secara konsisten sebagai public speaker sehingga kita mudah dikenal dan dikenang oleh audiens kita. Ciri khas ini bisa berupa penampilan, misal saat tampil selalu menggunakan celana pendek, berkacamata khas, rambutnya berjambul, menggunakan sorban, gaya bicara yang medok, dan sebagainya. Atau bisa juga ciri khas ini dari konten materi yang disampaikan, dan ini branding yang terbaik untuk dibangun. Misal, 5 Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis, Cara Gila Jadi Pengusaha, Ngguyu Oleh Ilmu, dan sejenisnya.

Tips Sukses Public Speaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://coachfianda.com/2019/03/10/tips-sukses-public-speaker
Instagram