Tantangan itu ada untuk dihadapi. Bukan untuk dihindari, apalagi ditolak kehadirannya. Tantangan adalah kesempatan untuk belajar hal-hal baru yang justru akan menambah wawasan dan pengalaman kita.

Prinsip ini yang diterapkan DIGMA Solution saat ditawari untuk menghandle acara Workshop Digital Marketing & Foto Produk di Madiun oleh Bank Indonesia KPw Kediri.

Tantangan pertama tentunya pelaksanaan acara di kota yang notabene bukan tempat tinggal kami. Tantangan kedua adalah jumlah peserta yang dikehendaki pihak Bank Indonesia, yaitu 150 UMKM se-Karesidenan Madiun (Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan). Tantangan ketiga, berdasarkan deskripsi yang diberikan, workshop diadakan di ruang terbuka, tepatnya di halaman parkir Sun City Mall Madiun.

Waaaahh.. Tantangan yang benar-benar menarik ini.. 😍😍

Menghandle event di luar kota insya Allah bukan masalah berarti. Apalagi di Karesidenan Madiun. Rentang waktu 2004 – 2009 saya sering mengadakan event di Madiun dan sekitarnya.

Langsung ke strategi mobilisasi peserta. Tim DIGMA Solution memetakan komunitas UMKM yang ada Madiun, mulai dari Asosiasi UMKM Jatim Pengurus Daerah Madiun, Komunitas TDA Madiun, Komunitas BBB Madiun dan lainnya. Oke, kuota 150 peserta insya Allah bisa dipenuhi tim DIGMA. Untuk mempermudah, registrasi menggunakan sistem online dengan menggunakan Google Form.

Tinggal tantangan ketiga, yaitu workshop di ruang terbuka. Kami belum bisa menentukan strateginya hingga Hari-H pelaksanaan dan melihat langsung kondisi di lapangan.

Maka, pada hari pelaksanaan workshop (03/11), tim DIGMA Solution berangkat awal dari Kediri untuk mengantisipasi semua kemungkinan dan menyusun strategi untuk menyesuaikan kondisi lapangan. Setelah tiba di lokasi, kondisi di area parkir ternyata sangat terbuka dan panas. Ditambah lagi, informasi dari tim pelaksana bazar, tidak tersedia LCD proyektor yang bisa digunakan untuk mempresentasikan materi. Berarti, pemateri kudu mampu presentasi tanpa tampilan slide powerpoint.

Saat kami infokan kondisi ini ke mas Dimas sebagai pemateri foto produk, reaksi pertama yang diungkapkan adalah kaget luar biasa. “Waaahh, gimana nih..?! Mana mungkin workshop fotografi tanpa slide powerpoint..?!”. Tapi, akhirnya, “The show must go on.. No matter what..” Alhamdulillah semangatnya satu visi.

Akhirnya, show time…

Alhamdulillah semua berjalan lancar. Pemaparan materi foto produk tanpa slide powerpoint perdana bagi mas Dimas bisa diterima baik oleh peserta. Ditunjang MC Magang Agus Riyadi yang mampu menghidupkan suasana. Workshop diakhiri dengan sesi foto bersama.

See you next time, guys..

 

Nothing Is Impossible: Festival UMKM Madiun Behind The Scene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://coachfianda.com/2018/11/04/nothing-is-impossible-festival-umkm-madiun-behind-the-scene
Instagram